Selasa, 18 Desember 2018

Penyebab Pilek Berkepanjangan


Penyebab Pilek Berkepanjangan - Pilek merupakan penyakit yang sering atau umum terjadi di masyarakat kita, dan tergolong penyakit ringan. Namun bagaimana jika pilek ini tidak kunjung sembuh dalam waktu lama? Waspada itu bisa jadi gejala penyakit serius. Karena pilek menahun tidak selamanya merupakan penyakit biasa. Bersih-bersin, hidung meler atau tersumbat, batuk, sakit kepala, lelah, hingga sakit tenggorokan merupakan hal yang sering Anda alami saat pilek menyerang. 

Sebagai mana pun parahnya pilek ini biasanya akan hilang dalam waktu sekitar 14 hari atau 2 minggu saja. Baik dengan atau tanpa pengobatan, tetapi jika pilek ini tidak kunjung sembuh setelah lebih dari 2 minggu atau bahkan terjadi selama bertahun-tahun. 

Ketahui Ini Beberapa Penyebab Pilek Berkepanjangan!

Anda sebaiknya periksakan diri karena itu bisa jadi gejala penyakit serius seperti :

1. Sinusitis

Pertama ada sinusitis yakni pembengkakan atau peradangan jaringan dinding yang melapisi rongga sinus, yakni ruang berisi udara yang terletak di hidung, pipi, rongga hidung serta atas mata. Kondisi ini terjadi ketika sinus yang berisi udara, mengalami penyumbatan dan berisi cairan. Akibatnya, kuman dapat tumbuh dan menyebabkan infeksi dan peradangan, yang disebut sebagai sinusitis.

Pilek serta sinusitis bisa mengakibatkan rasa sakit di sekitar mata serta hidung dan mengakibatkan lendir berwarna kekuningan. Gejala penyakit ini diantaranya ialah : Pilek, yang bisa terjadi selama 4 minggu. Jika pilek yang disebabkan oleh sinusitis ini betahan lebih dari 4 minggu maka ini disebut dengan sinusitis kronis.

2. Polip Hidung

Penyebab pilek berkepanjangan selanjutnya ialah polip hidung, ini merupakan kondisi dimana terjadi pembengkakan selaput hidung yang terjadi di dalam saluran hidung serta sinus. Polip hidung ini tidak selalu menimbulkan gejala terlebih jika polip ini berukuran kecil. Tetapi jika polip membesar, biasanya akan muncul gejala seperti :

  • Nyeri di sekitar wajah dan gigi,
  • Hidung meler,
  • Hidung tersumbat,
  • Lendir yang mengalir ke belakang tenggorokan,
  • Mimisan,
  • Hingga gangguan pada indera penciuman dan perasa.
Penyakit ini tidak boleh dianggap sepele sebab bisa mengakibatkan kesulitan bernapas, pembengkakan di sekitar mata, sakit kepala patah, hingga gangguan penglihatan.


3. Alergi

Umumnya penyebab terjadinya pilek ini karena alergi terhadap suatu alergen (hal yang bisa memicu munculnya alergi), seperti tungau debu rumah, atau bulu hewan peliharaan. Selain itu, alergi juga bisa dipicu oleh serpihan kayu, serbuk sari, dan tepung. Saat alergi terjadi, sistem kekebalan tubuh akan bereaksi terhadap alergen. Ketika bersentuhan dengan alergen akibatnya, hidung menjadi meradang dan menimbulkan gejala khas, seperti pilek dan hidung mengeluarkan lendir. Gejala pilek yang terjadi akibat alergi biasanya berupa batuk, bersin-bersin, hidung meler, badan terasa sakit, serta demam.

Untuk mengobatinya sendiri kami menyarankan untuk rutin mengkonsumsi obat herbal QnC Jelly Gamat, dimana QnC Jelly Gamat ini sudah tidak diragukan lagi khasiat atau manfaatnya untuk mengobati berbagai penyakit termasuk untuk membantu mengobati pilek berkepanjangan apapun penyebabnya secara alami dan efektif. Informasi lebih lanjut mengenai produk herbal ini silahkan klik -> Obat Tradisional Pilek Di Apotik


Sumber : https://www.alodokter.com/

Penyebab Pilek Berkepanjangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar